Trip 10 Hari di Iran Bersama Krucils

Pernah punya mimpi pergi ke Iran ? Jujur saya sih dulu gak kepingin, bayangan saya Iran negara gak aman dan banyak perang saudara. Yang semangat pergi ke Iran itu Ayahnya krucils alias anak-anak. Bagus lagi Iran, banyak peninggalan sejarah, lagian sekali sekali kita pergi keluar Eropa kenapa, begitu kata si Ayah. Ya kalau saya sih selain pemikiran diatas , juga karena kalau ke Iran kudu bayar Visa, lah nyari yang gratisan dulu aja kenapa, kan masih banyak yang belum, contohnya Peru  😛 😛 :-P.

Anyway setelah beberapa tahun berlalu akhirnya saya mau juga diajak pergi ke Iran. Setelah banyak googling di Internet, dan tanya temen yang pernah tinggal di Iran, mantep juga saya pergi kesana. Gimana gimana saya kan bawa 2 bocah ya, jadi penting mencari tempat liburan yang kondusif buat anak anak. Setuju ??

Kami traveling selama 10 hari di Iran. Berangkat dari Jerman naik Turkish Airlines, walaupun gak ada yang direct tapi yang harganya paling murah dan websitenya juga gak ribet bahasanya. Pilihan lain ada dengan Iran Air, tapi webnya gak user friendly walaupun harganya lumayan bersaing.

Day 1

• Teheran – Abyaneh – Isfahan, Si-o-se-pol Bridge
  • Menginap 2 malam di Isfahan

Kami tiba di Teheran pagi hari, sudah booking mobil dari jauh jauh hari lewat internet. Jadi begitu sampai langsung dijemput pak supir. Perjalanan dari Teheran ke Isfahan ditempuh dalam waktu lebih kurang 4 jam, melewati kota Abyaneh. Salah satu kota tertua di Iran, sering juga disebut Red Village karena rumah rumahnya terbuat dari tanah liat berwarna merah. Kalau ada waktu dan tenaga lebih, bisa juga mampir ke Kashan atau Gurun Maranjab dari Abyaneh. Awalnya saya mau mampir ke Gurun Maranjab, tapi ternyata harus nambah sekitar 4 jam lagi di jalan. Would be too much for the kids. Pas di Abyaneh saja si A sudah sibuk minta cepet cepet sampai ke Hotel, kecapean dan kelaperan dia. Akhirnua kami berhenti di salah satu gerai fast food local. Beli burger dan kentang goreng. Setelah perut kenyang, A Jadi tenang, perjalanan pun kami lanjutkan ke Isfahan.

Kami tiba di Isfahan sekitar jam 3 sore, setelah istirahat sebentar meluruskan kaki, kami jalan jalan ke Si-o-se-pol Bridge. Ternyata sungainya kering, gak ada airnya. Jadi kami bisa jalan jalan di bawah dan di atas jembatan. Sempat pula diajak selfie sama abg setempat.

Sungai dibawah jembatan yang kering kerontang

Day 2

• Isfahan : Nasq-e- Jahan Square – Imam Mosque – Checel Sotoun – Vank Catedral

3 lokasi pertama letaknya berdekatan sementara Vank Catedral agak jauh dan harus naik taxi. Taxi di Iran cukup murah paling paling mahal digetok 4 euro, kalau pakai ala uber (namanya SNAPP disini) cuma 1 euro sajah. Lupakan bis karena bisnya model metromini di Indonesia (saya bukannya anti metromini ya , secara jaman kuliah dan kerja awal awal juga saya naik metromini melulu, cuma kalau bawa anak dua dan bahasanya juga gak ngerti ya susah juga, kan gak mungkin saya teriak teriak kiri bang kiriii, ya gak ngerti lah supirnya, kalau pakai snapp kan udah ada tujuan di GPS gak perlu pakai ngomong  :-P.). Di sekitaran Vank Catedral kami beli hot dog super besar ukuran raksasa. Si Ayah dan si A beli masing masing satu sementara saya dan Y bagi dua aja ya dek. Kebanyakan kalau satu sendiri :D. Di sekitaran Nasq-e Jahan Square, kami sempat foto pakai baju tradisional Iran, Harganya 4 Euro untuk sekali foto termasuk dapat file dan fotonya. Jauh bener harganya sama waktu kita foto di Volendam,  28 Euro buat satu kali foto!

Foto ala Pakaian Iran

Day 3

• Isfahan – Varzaneh Desert – Meybod – Yazd.
  • Menginap 2 malam di Yazd

Hari ketiga kami check out dari hotel dan menuju Yazd. Rencana awal mau naik Bis akhirnya jadi Naik taxi supaya efisien dan bisa mampir ke Gurun pasir. Walaupun budget jadi membengkak karena sudah dapat deal murah dari hotel pun masih berkisar di angka 70 an Euro.

Day 4

• Yazd : Tower of Silence –  Zoroastrian Fire Temple – Dowlat Abad Garden – Amir Chaqman Tower – Yazd Desert.

Nah di hari keempat ini kita sewa taksi dari Hotel buat puter puter ke empat pertama tempat diatas. Sekitar 4 Euro buat carter taxinya. Dari ke empat tempat diatas, yang paling gak recommended adalah Dowlat Abad Garden, masuknya mahal pulak. Kirain gardennya bagus dan hijau gitu ya , kaya yang di Marocco, lah ternyata gersang… saya sebagai turis sih kecewa… Yang paling recomended menurut saya Tower of Silence. Krucils suka diajak naik ke atas tower. Kami juga sempat diajak foto sama orang local. Somehow penduduk local suka ngajak foto turis. Jadi kudu siap siap kalau jalan jalan kesana diajak bolak balik foto selfie sama penduduk local  😉

Di Amir Chaqman , kami makan siang di local restaurant, lumayan terjangkau harganya, satu porsi sekitar 3 – 4 Euro dan rata rata kambing, horee banget lah buat si Ayah dan A. Saya sama Y makan ayam sajah sudah cukup  😛 . Di lokasi ini kami juga gak lupa beli manisan khas Yazd, enak banget rasanya. Harganya mulai dari 2 euroan sampai sekitar 10 euroan.

Sorenya kami ikut lagi tour ke gurun pasir. Anak anak doyan banget main ke Gurun, maklum gak ada kan di Jerman atau di Indonesia (Cerita tentang pengalaman kami di gurun pasir bisa dibaca disini)

Yazd dari puncak Silence Tower

Day 5

• Yazd – Pasargard – Necropolis – Persepolis – Shiraz
  • Menginap 2 malam di Shiraz

Tujuan akhir dari perjalanan ini adalah Shiraz , tapi kami mampir di Pasargard – Necropolis dan Persepolis. Cerita detailnya bisa dibaca disini.

Day 6

• Shiraz  : Pink Mosque  – Kharim Khan Citadel – Hafiz Tomb – Qurán Gate.

Saya paling suka dengan Pink Mosque, disarankan pergi kesini pagi pagi , jadi bisa melihat warna warni refleksi jendela yang terkena sinar matahari.

Day 7

• Shiraz – overnight train – Tehran
  • Menginap 2 malam di Tehran

Pagi hari kami masih sempat jalan jalan ke Vakil Bazaar karena hari sebelumnya tutup (Hari Jumat pasar di Iran tutup, karena hari jumat di Iran sama dengan hari minggu di jerman, jadi toko tutup.) Capek jalan jalan, kami akhirnya makan siang di pinggir jalan. Lagi lagi makan kubideh ( nasi dan kambing) beli dua porsi saja buat berempat dan habis 220 ribu rial atau sekitar 4.5 Euro. Habis makan siang kami balik ke Hotel dan check out untuk menuju ke Stasiun. Kereta kami berangkat jam 17:30 menuju Teheran(Pengalaman naik kereta malam di iran bisa dibaca disini).

Day 8

• Teheran : Azadi Tower – Milad Tower – Tabiat Bridge

Kami tiba di Teheran pagi hari langsung ke Hotel, ceritanya buat titip koper. Eh malah disuruh ikutan sarapan pagi udah gitu kamarnya juga jam 10 udah siap. Horeee, lumayan bisa selonjoran dulu sambil mandi mandi dulu. Selesai mandi kami langsung berangkat ke Azadi Tower naik Kereta Api, soalnya macet kata mbak resepsionis. Dari Azadi kami ke Milad tower, naik Snapp. Yang agak ribetnya itu adalah ngasi tau kita nunggu dimana sama pak supirnya.Bolak balik saya minta tolong sama orang lokal buat ngasi tau kita nunggu dimana. Pas di Azadi saya minta tolong sama pak Satpam buat ngasi tau, baik banget dia , kita sampai dianterin ke tempat taxi berhenti.

Day 9

• Teheran : Golestan Palace – Tehran Bazaar

Hari terakhir di Iran setelah puter puter Golestan Palace, kami puter puter Tehran Bazaar. Pertamanya naik kereta gratisan muterin pasar, habis itu diteruskan dengan jalan kaki. Si Bapak sempat sempatnya beli Jas buat ngantor, warna merah bata. Katanya murah ini , dari pada beli di Jerman. Halaaahh, jauh jauh pergi ke Iran malah beli Jas , ada juga orang beli karpet!!  di Bazaar kami juga sempat makan siang di Moslem Restauran, yang terkenal banget tapi sumpah ramenya minta ampun. Buat saya sih rasanya biasa aja, cuma ngantrinya lamaaaaa, porsinya juga gede banget. Pesen 2 aja gak habis sampe akhirnya dibawa pulang ke Hotel.

Day 10

• Teheran – Home

Akhirnya harus pulang juga kerumah, karena jadwal pesawat pagi buta, akhirnya kami pesan Taxi untuk ke Airport. Perjalanan dari Teheran kota ke Airport ditempuh dalam waktu lebih kurang 40 menit. Karena pesan taxi dari hotel , maka kami harus bayar sekitar 600 ribu IRR (12 Euro ) vs 350 – 400 ribu IRR (8 Euro) kalau pakai snapp. Tapi masih murahlah, dibanding di Jerman, ke Stasiun kereta aja yang jaraknya cuma 6 kiloan bayarnya 15 euro 😥 Di airport ternyata rame banget orang orang pada mau pergi liburan. Antrinya sampai nguler, udah gitu gak ada pulak antrian khusus buat family. Bukan apa apa, saya sambil gendong si Yudis soalnya. Karena bocah masih tidur, gak mau disuruh jalan , terpaksalah digendong.  Sekalian biar bundanya kurus ya dek!!! Until next time Iran!!