Pengalaman naik Overnight Train Shiraz – Tehran

Setelah beberapa kali pengalaman naik City Night Line (CNL) di Eropa dan baca review kalau di Iran juga ada kereta “tidur” seperti ini, A langsung pengen coba naik. Cek itinerary kami bisa naik kereta overnight dari Shiraz ke Tehran kalau gak mau naik pesawat. Naik bis sih bisa juga, tapi kalau naik kereta “tidur”pastinya lebih nyaman karena tidurnya bisa selonjoran. Setelah hitung hitung, naik kereta jauh lebih ngirit karena bisa menghemat satu malam di hotel. Selain itu naik pesawat yang murah jadwalnya cuma ada malam hari jam 10, too much buat kami terutama anak anak.

Biaya : 

Harga tiket kereta buat dewasa cuma sekitar 18 Euro sudah termasuk snack sore dan pagi. Makan malam harus beli sendiri. Anak anak dapat potongan. Buat berempat kami menghabiskan sekitar 56 Euro ini sudah dapat kompartemen sendiri tanpa sharing dengan yang lain. Satu kompartemen berisi 4 tempat tidur, 2 diatas, 2 dibawah. Saya sama Yudis yang bawah pastinya sementara Abi dan Ayahnya yang atas. Tiket bisa dibeli di travel agent di tiap kota di Iran,  beli di internet lewat Iranrail.net juga bisa tapi ada tambahan feenya. Beli di travel agent cukup aman , kami beli di Yazd sekitar 4 hari sebelum keberangkatan.

Free of Snacks at the beginning of the journey

Fasilitas Kereta :

  • Keretanya super bagus, bersih dengan interior khas Iran, sprei dan sarung bantal masih dibungkus plastik.
  • Snack sore sudah langsung tersedia termasuk minuman hangat dengan Teko
  • Snack pagi terdiri dari jus dan roti dibagikan sekitar 30 menit sebelum sampai di stasiun kereta.
  • Makan malah harus beli sendiri tapi harganya gak mahal cuma sekitar 2.5 – 3 euro per porsi. Bisa makan malam di kompartemen atau di Restoran. Si Ayah dan anak anak pengen makan di restoran tapi ternyata super penuh jadi akhirnya gak jadi dan makan di kompartemen.
  • Wifi tersedia tapi gak terlalu bagus sinyalnya
  • TV kecil tersedia di kompartemen, ada 2 TV untuk tiap kompartemen.
  • Kamar mandi tersedia 2 untuk setiap gerbong kereta.

Jadwal Kereta 

Kami naik kereta Noor yang jadwalnya daily, berangkat jam 16:45 dari Shiraz dan sampai jam 7 pagi di Tehran. Awalnya pengen naik Fadak Train, tapi kok susah nyari tiketnya. Jadi akhirnya naik Noor dan ternyata OK juga.

Transportasi dari dan ke Stasiun

Snapp, applikasi taxi online semacam Uber, murah banget dan cepat. Cuma mobilnya kecil kecil dan kadang bagasinya gak cukup buat masukin bagasi. Di Shiraz saya coba panggil tapi ribet urusan bagasi jadi akhirnya pakai mobil dari Hotel. Sementara dari Tehran kami pakai Snapp. Nah si supir itu ribet nanya jemputnya dimana, gak bisa pula bahasa inggris dia. Akhirnya saya minta tolong mbak mbak buat ngomong sama supirnya pakai bahasa lokal, lokasi kita dimana. Oh ya bagasi ada chargenya, 30 IRR kalo gak salah. Gak sampe 1 Euro lah.

Karena kereta sampainya pagi banget jadi kami duduk duduk sebentar di cafetaria sambil sarapan baru berangkat ke Hotel. Eh sampai di Hotel ternyata malah disuruh sarapan sambil nunggu kamar dan GRATIS !!!!