72 jam Visa Free St Petersburg – Rusia dengan St Peter Line

Sebagai pemegang passport hijau yang gak terlalu sakti, kerepotan utama kami kalau mau travelling ke negara baru di luar Schengen yang dekat dan tiketnya murah  adalah jumlah negara yang terbatas untuk bisa didatangi tanpa mengurus visa di awal.

Jadi waktu tahu kalau kita bisa ke St.Petersburg Rusia tanpa mengurus visa dengan naik St Peter Line Cruise mulai deh hunting cari tiket murah, sejakkkk 2 tahun lalu. Visa freenya memang ada batasnya. Total selama 72 jam saja. Jadi kalau ada rencana mau ke Moscow juga dari St Petersburg  cukup mepet waktunya. Dari hasil searching ada juga beberapa traveler yang sempat jalan sampai ke Moscow dalam waktu 72 jam ini dengan menggunakan overnight train.

Rute Cruise :

Satu satunya masalah untuk bisa naik Cruise ini adalah gak ada rute langsung dari Jerman, jadi kita harus berangkat dari Stockholm, Helsinki atau Tallinn menuju St Petersburg. Karena kami sudah pernah ke Stockholm, pilihannya tinggal Helsinki atau Tallinn. Dan akhirnya kami memilih Helsinki karena tiketnya lebih murah! Perjalanan dari Helsinki ke St Petersburg ditempuh dalam waktu satu malam. Berangkat jam 7 sore dari Helsinski West Port (jangan sampe salah port yak , soalnya ada 2 Port di Helsinki dan jaraknya lumayan jauh)  dan tiba jam 9 pagi.

Pilihan Kabin :

Kabin/kamar di dalam Cruise tersedia mulai dari kelas ekonomi ( dengan kamar mandi sharing ), kabin standard model compartement tidur atas bawah seperti di Kereta dengan kamar mandi di dalam,  sampai VIP (dengan kamar yang lebih luas, tempat tidur double instead of tempat tidur single bertingkat, kamar mandi dalam lengkap dengan sendal kamar dan bathrobe). Harga kabin untuk berempat mulai dari 180 Euro sampai 900 Euro pulang pergi. Ada 8 jenis pilihan kamar. Kalau pas lagi promo harga kamar standard bisa cuma dibandrol sekitar 60 euro. Ini hitungannya untuk 2 malam, 1 malam pergi dan 1 malam pulang. Bisa dianggap sekalian biaya penginapan, karena gak perlu bayar hotel lagi untuk 2 malam.

Untuk kelas VIP harga kamar sudah termasuk sarapan pagi dan priority disembarkation (30 menit lebih awal dibandingkan kelas non VIP, which is very important, karena imigrasi di Rusia lumayan memakan waktu. Untuk satu orang saja bisa sampai 10 menit diperiksa. Alternative lain kalau tidak mau mengambil kamar VIP tapi mau ikut priority disembarkation adalah dengan ikut paket tour yang di arrange oleh Cruise.

Pengalaman di atas Cruise/ Kapal :

Yang paling semangat naik Cruise adalah si A. Sejak hari pertama liburan sudah sibuk bolak balik tanya. Saya dan ayahnya juga semangat sih, lah belum pernah walaupun sudah setua ini haha.Fasilitas/entertainment di atas kapal cukup OK menurut saya, walaupun Kapalnya memang kelihatan sudah tua dan di refurbish, tapi keadaan kamar dan fasilitas umumnya bersih. Saya paling suka dengan exterior kapal yang warna warni cerah.

Untuk yang suka belanja di atas kapal ada duty free.

Restaurant juga ada beberapa pilihan. Gak ada yang halal tapinya. Jadi kalau mau beli ya pesen yang vegetarian/ikan saja. Atau bawa makanan dari bawah. Di Helsinki juga sama susahnya cari makanan Halal, dan Rice cooker kita ditahan pula sama security gak boleh masuk kamar karena wattnya takut kegedean. Jadi ya terpaksa makan malam di restorant Itali di atas kapal. Lumayan juga sambil menikmati laut. Harga makanan memang agak mahal tapi hampir sama saja sama harga kalau makan di restaurant di Helsinki.

Buat Y yang paling hits adalah indoor Playground. Walaupun gak gede gede amat tapi anak kicik ini senang saja main sampai berjam jam di dalam Playground sampai tutup!. Sementara A yang paling hits adalah ada Kolam renang di dalam Kapal. Walaupun kolamnya juga gak gede gede amat. Bayarnya 5 Euro buat anak anak diatas 6 tahun dan 10 Euro buat dewasa. Y gratis karena masih 4 tahun.

Selain playground dan Kolam renang, ada juga game room, diskotik, creative room(buat crafting anak anak), bioskop serta free entertainment, seperti band atau theater buat anak anak. Duduk duduk di Balkon atas sambil menikmati angin semilir dan laut lepas juga OK. Karena “siangnya” lama (magrib baru sekitar jam 23 an), anak anak pada gak kerasa main sampai malam. Sementara mamak sudah ngantuk kepingin molor. Ya udahlah sambil nunggu magrib juga toh dari pada bablas…

Tiba di St Petersburg :

Setelah lewat imigrasi di St Petersburg (sekali masuk ruangan Cuma boleh 2 orang instead of satu keluarga, jadi kami bagi 2 pas pemeriksaan) yang alhamdulillah walaupun pengecekan cukup lama tapi lancar, kami naik mobil suttle ke pusat kota. Berhenti di St Isaac Cathedral. Dari sini penumpang bisa meneruskan jalan jalan sendiri. Apakah mau naik hop on hop off atau mau naik boat tour atau mau jalan jalan sendiri juga bisa. Kesan saya ternyata St Petersburg rameeee banget. Tipical kota metropolitan dan lumayan crowded. Apakah karena lagi ada piala dunia di Rusia? Yang pasti pikiran saya kalau disini tidak aman ternyata gak terbukti sama sekali. Alhamdulillah selama disana gak terjadi hal hal yang gak mengenakkan. Buat makanan tinggal pilih yang vegetarian dan ikan ikanan. Kalau mau yang Halal ada di dekat winter palace, kebab halal incase lagi craving pengen makan daging dagingan. Kami sempat makan di semacam food court dan ada pilihan nasi sama sayur buncis plus ikan goreng, super enak terutama Buncisnya !! Maklum kalau lagi jalan jalan susah bener cari sayur selain salad salad an. Pulang dari jalan jalan saya gak lupa beli boneka Matryoska , khasnya Rusia, juga beli souvenir khas Piala dunia. Mumpung lagi happening!!