Mengelilingi Baltik dengan Bis AKAN (Antar Kota Antar Negara)

Salah satu cara paling efektif dan efisien mengelilingi negara negara di wilayah Baltik  adalah dengan menggunakan Bis AKAN alias Antar Kota Antar Negara! Perjalanan bisa dimulai dari selatan ke Utara, atau utara ke selatan. Karena kami datang dari Helsinski, yang paling efisien buat kami adalah Rute dari Utara ke Selatan : Tallinn (Estonia) – Riga ( Latvia) dan – (Vilnius) Lithuania.  Masing masing ditempuh dalam waktu lebih kurang 4,5 jam.

Pilihan Bis ada bermacam macam, mulai dari yang ekonomi sampai super eksekutif. Dari hasil googling, yang paling banyak review positifnya adalah Lux Express. Ngintip di website, penampakan Bisnya juga meyakinkan dengan harga tiket cukup bersahabat. Sekitar 10 – 20 Euro per orang tergantung jam yang dipilih. Untuk anak anak dibawah 5 tahun cuma bayar 30 %,   6 – 12 tahun bayar 70 %. Kalau jadi anggota langsung dapat diskon 10 %.

TALLINN – RIGA 

Pengalaman pertama kami adalah rute Tallinn – Riga. Di Riga kami menginap di daerah Old Town, sehingga ke Stasiun bis harus naik kendaraan lagi, pilihannya bisa naik taxi ( ala uber) atau naik kereta. Awalnya mau naik kereta , tapiii setelah cek harga taxi cuma beda 1 euro sama naik kereta, akhirnya naik taxi donk. Cuma 4 euro saja ( yang biasanya 15 euro untuk jarak yang sama di Jerman  😛  😛  :-P. Bahagia deh.

Sampai di stasiun, ternyata stasiunnya bersih banget. Gak terlalu besar, tapi bersih dan teratur. Bayangan saya stasiun di daerah eropa timur bakal gak terlalu bersih. Ternyata jauh dari bayangan. Bis bis juga parkir berderet rapi di belakang stasiun.

Naik ke dalam bis, ternyata dalamnya bagus banget. Masing masing kursi punya screen multi media (film, games, series) termasuk Wifi dan ada vending machine gratisan buat teh, kopi dan hot chocolate!!

Bocah bocah pastinya langsung pasang headphone buat nonton film sambil buka chips!! Ya sudahlah sekali sekali ya nak. Liburan bun, liburannnnn.

RIGA – VILNIUS

Berbeda dengan di Tallinn, Stasiun bis di Riga terletak di sekitaran Old Town, jadi kami cuma perlu berjalan kaki dari penginapan. Stasiunnya lebih besar dari pada Stasiun Tallinn tapi rasanya gak terlalu bersih, apa mungkin karena letaknya dekat dengan sungai dan pasar. Sehingga terasa agak kumuh.

Untuk kondisi Bis, sama seperti kondisi Bis sebelumnya, bersih , personal Multi Media screen dan free Hot drink!!! Lumayan bisa bolak balik ambil Hot Chocolate. Perjalanan 4 jam jadi gak terasa, tiba tiba sudah sampai tujuan!!