Mengejar Aurora di Abisko – Sweden

Gara gara tahun sebelumnya gagal melihat Aurora di Iceland, liburan akhir tahun ini si kakak minta lagi jalan jalan ke utara eropa untuk mencari Aurora. Saya sebenarnya sudah gak kepingin soalnya dingin. Tapi kok kayanya si kakak kepingin banget, jadi ya sudahlan terpaksa mulai cari cari lokasi untuk mencari Aurora di sekitar skandinavia. Setelah searching beberapa hari, pilihan saya jatuh ke 2 tempat :

Tromso atau Lofoten : Norway .

Pertimbangan saya untuk mengejar Aurora disini adalah karena kami belum pernah ke Norway, jadi sekalian explore Oslo , terus ke utara. Cuma kok ya kalau baca reviewnya malah di daerah sini sering berawan kalau bulan desember. Jadi kemungkinan dapat Auroranya kecil.

Abisko : Sweden

review yang saya dapat , disini chance untuk dapat Aurora lebih besar karena langitnya jarang berawan, dan kalaupun berawan cepat hilang. Letaknyanya pun gak jauh dari perbatasan Norway. Dan setelah googling koneksi pesawat, kita bisa terbang dari Oslo ke Narvik dan sewa mobil ke Abisko dengan waktu kurang lebih 1 jam. Cukup reasonable.

Setelah menimbang nimbang akhirnya pilihan saya jatuh ke Abisko. Rute perjalanan kami adalah Oslo – Abisko – Lofoten – Oslo. Tetap harus mampir ke Oslo karena belum pernah dikunjungi.

Menyewa Mobil di Narvik

Kami berangkat tanggal 24 Desember ke Oslo dan menginap 2 malam disana sebelum terbang ke Narvik di tanggal 26 Desember. Dari Narvik kami menyewa mobil via Europecar. Prosesnya gampang dan cepat. Kami malah dapat upgrade mobil yang lebih besar dan automatic instead of Manual. Terus car seat buat anak anak juga dikasi gratis sama yang jaga. Alhamdulillah. Tadinya saya mau pesen carseat via web, tapi error melulu dari tanggal 24. Akhirnya saya telpon tanggal 25 ke rentalnya minta disediakan car seat. Eh ternyata dapat gratis, rejeki gak kemana !!

Kami mendarat di bandara Narvik sekitar pukul 6:30 malam (sudah gelap soalnya), selesai mengurus mobil langsung cabut menuju penginapan di Riksgransen, sekitar 30 menit dari Danau Abisko.

Menginap di Apartement di Riksgransen : Sweden

Perjalanan dari Narvik Airport ke Riksgransen kami tempuh dalam waktu sekitar 1 jam 15 menit. Kami tiba di penginapan sekitar jam 8:00 malam. Si adek sudah sukses tidur di mobil karena kecapean. Sampai di penginapan kami menimbang nimbang apakah mau langsung cari Aurora ataukan mau turunin barang barang dulu. Si Ayah nanya emang prediksinya gimana ? Prediksinya sih auroranya ada sekarang ini. Lah kalo gitu mending kita langsung cari aurora aja dari pada bolak balik. Ya udah , akhirnya saya turun sebentar ambil kunci kamar terus kita langsung cabut ke arah danau Abisko buat hunting Aurora

Melihat Aurora di suhu – 16 derajat

Dari penginapan menuju Abisko ternyata super gelap sekali jalannya. Mobil juga jarang banget. Tapi langitnya terang benderang. Saya berharap banget semoga kita bisa melihat Aurora, jadi malam malam berikutnya gak perlu capek keluar lagi buat cari Aurora.

Peernya buat kami yang punya anak kicik ini adalah kalau mau mencari Aurora malam malam kudu ngebangunin anak anak. Kejadian waktu di Iceland adalah kita ngebopong si Adek buat nyari Aurora sementara si Kakak gak mau ikutan karena ngantuk. Lah kalo keluar kudu jam 10 malam gimana coba.

Menuju Abisko ternyata banyak tempat tempat untuk mobil berhenti di tepi jalan, Saya lagi mikir ngapain juga berhenti disini ,bukannya mending berhenti di danaunya buat hunting aurora. Eh tiba tiba saya liat ada garis garis putih kaya awan tapi warnanya agak kehijauan di langit sebelah utara. Saya langsung teriak teriak sama si Ayah. Ayah langsung cari tempat berhenti. Sebagai informasi di sini gak bisa sembarangan berhenti di tepi jalan, bisa bisa ditubruk dari belakang. Lah gelap banget jalannya. Ntar kalo berhenti sembarangan terus ditabrak dari belakang, bakalan disuruh ganti rugi dan didenda karena melanggar peraturan,. Jadi mending sabar dikit cari tempat khusus buat parkir mobil.

Setelah dapat tempat buat parkir, Kami langsung keluar buat melihat si Lady Aurora. MasyaAllah cantik banget ternyata dan ternyata bisa bergerak gerak , Yang dibilang Aurora berdansa itu ternyata memang terjadi !! Cumaaaa yang gak diprediksi adalah suhu diluar yang -16 derajat !! kaki rasanya udah mau beku berdiri diluar menunggu difoto sama si Ayah. Mana kami lupa pula bawa tripod. Alhasil susah bener dapat foto yang bagus karena si tukang foto gemeteran pas ngambil foto. Untungnya si Kakak bisa dapat foto yang lumayan jelas. Sementara saya tidak berhasil sodara sodara. Ya sudahlah gpp yang penting maunya si kakak sudah kesampaian, tahun berikutnya bisa cari tempat liburan yang gak dingin lagi!!

Setelah puas foto foto, kelaparan dan kedinginan akhirnya kami pulang ke apartement. Supermarket dan restorant sudah tutup. Tapi mama sudah punya persiapan indomie rebus. Masuk apartement langsung masak nasi dan indomie rebus plus buka gudeg kaleng. Alhamdulillah nikmat dan kenyang…..

Kami menginap selama 3 malam di Riksgransen. Sayangnya 2 malam berikutnya kami tak seberuntung di malam pertama. Walaupun sudah menunggu gelap gelap di malam hari di danau Abisko, kami gak menemukan Aurora lagi.. sedih…. Dari beberapa info yang saya baca melihat Aurora ini memang untung untungan. Kalau mau pasti dapat harus sabar menunggu berjam jam di kegelapan. Paling tepat kalau buat kami yang bawa anak kicik ya menyewa mobil. Jadi bisa lebih nyantai. Bisa juga kalau mau ambil tour Aurora. Cuma mihil. Satu orangnya sekitar 80 -100 Euro. Sementara kalau menyewa mobil bisa dapat sekitar 50-60 Euro per hari. Buat kami berempat jelas lebih ngirit kalau bawa mobil sendiri. Keuntungan kalau ikut tur adalah adanya tour guide yang sudah berpengalaman mencari Aurora. Jadi mereka bisa bawa kita ke tempat tempat yang memang chancenya besar. Tur ini biasanya lumayan lama sekitar 4-8 jam. Memang harus usaha keras kalau mau melihat Aurora plus keberuntungan. Bisa dibilang kami memang sedang beruntung di malam pertama. Belum sempat menunggu tapi sudah ketemu pas dalam perjalanan. Rejeki si Kakak !!