Ketika Mesjidil Haram Berada Tepat di Seberang Jalan

Hotel tempat kami menginap di Mekkah terletak di seberang Masjidil Haram. Memang untuk menuju ke Masjidil Haramnya tidak bisa langsung menyebrang jalan tetapi harus memutar melewati bawah jembatan jalan tol. Tetapi lokasinya sangat dekat dan bisa ditempuh dalam waktu lebih kurang 15 menit berjalan kaki. Nama Hotelnya adalah Hotel Mira Saab.  Sepertinya seluruh hotel ini di booking oleh BALCOK selama musim haji. Total jamaah Haji yang mengikuti Biro BALCOK ada sekitar 400 orang , didominasi dengan Haji Lang sekitar 300 an orang. Di Hotel ini Grup Indonesia mendapat kamar di satu lantai yang sama. Saya mendapat kamar Triple bersama dengan 2 ibu diplomat, Mbak Indri dan Mbak Dian. Yang Alhamdulillah sama ramenya dengan saya, dan yang paling penting Ibu ibu ini ternyata membawa bekal makanan Indonesia dari Jerman!! Di Jerman susah bener kalau mau makan rendang padang enak , eh si Mba Indri bawa rendang padang. Mba Dian bawa kentang kering balado kaya di restoran padang. Rejeki emang ga kemana :D.

Setibanya di Mekkah, setelah beristirahat sebentar dan mendapat pengarahan dari Ustad grup kami , ustad Haromaín kami langsung melakukan Tawaf untuk umroh. Menginjakkan kaki pertama kali di Mesjidil Haram dan melihat Ka’bah langsung membuat perasaan saya campur aduk , antara senang , sedih , bahagia dan setengah tidak percaya , akhirnya bisa juga saya sampai ke sini . Pergi bersama suami dalam keadaan yang Alhamdulillah masih sama sama sehat. Bisa sholat berhadapan dengan Ka’bah bersama jutaan umat muslim lainnya rasanya tidak terlukiskan…

Dan nikmat Tuhan mana yang engkau dustakan ……

img_5500
ka’bah dari balkon lantai 6 Mesjidil Haram, Sempat tragedi waktu ngambil foto , dimana HP saya jatuh dari tangan suami , untungnya masih rejeki jatuhnya di pinggiran balkon , tidak terjun bebas sampai ke lantai Ka’bah…..

Sebisa mungkin lakukanlah sholat Fardhu di Mesjidil Haram.Memang untuk bisa sholat fardhu disini cukup merupakan tantangan.Kalau kita mau dapat tempat yang bisa melihat Ka’bah minimal berangkat   1 jam sebelum waktu Sholat fardhu , apalagi kalau  mau ikut Sholat Jumát. Pada hari Jumát pertama di Mekkah, saya dan mbak Dian ikut rombongan bapak bapak Sholat Jumát  yang berangkat jam setengah 10 pagi ( sholat nya baru sekitar jam 1 lewat ). Ternyata berangkat jam segini kami sudah tidak dapat tempat yang bisa melihat ka’bah secara langsung. Kami bisa dapat tempat di lantai yang sejajar dengan ka’bah tapi di belakang dinding pembatas. Jam setengah 11 an , lantai ini sudah penuh termasuk tangga tangga dan lorong lorong. Padahal sholatnya masih 2 jam lewat  lagi. Buat saya sendiri yang jadi perjuangan di sini adalah karena saya kepengen pipis sekitar jam 12 an.  Padahal WC di Mesjidil Haram cuma ada di luar dan bisa dipastikan kalau keluar ga bakal bisa masuk lagi huhuhuhu…. Akhirnya saya tidak jadi pipis sambil berdoa  untuk dikuatkan sampai selesai sholat Jumát dan tetap bisa khusuk.  Next nya buat pelajaran kalau mau sholat jumát di Mesjidil Haram jangan kebanyakan minum sebelum berangkat Sholat. Plus seperti kata ustad , positif thinking tidak bakal pengen pipis sampai selesai Sholat !!!

Selain Sholat di sekitaran Ka’bah , beberapa kali  saya juga sempat sholat di lokasi perluasan Mesjidil Haram  ( di Mesjid Barunya ), lokasinya agak dibelakang dan  biasanya lebih sepi dibandingkan di Mesjiimg_5748d lama. Disini juga tempat saya dan mbak Dian dapat rejeki dikasi sajadah yang bisa buat senderan sama Orang Arab kaya. Ceritanya kita lagi nunggu waktu sholat , eh Mbak mbak di sebelah tiba tiba ngelipet sajadahnya dan dibuat seperti alas duduk yang ada senderannya. waaaa enak banget punggung ga bakal pegel ( maklum umur ga bisa bohong yaa). Akhirnya saya tanya sama mbaknya , itu sajadah beli dimana ? kok kayanya nyaman banget. Ceritanya kalo pas sempet, mau liat , sapa tau tidak terlalu mahal. Tidak disangka , pas selesai sholat dan mereka mau pulang ,  sajadahnya dikasi ke kami berdua… Alhamdulillah  rejeki dari Allah datangnya  memang suka tidak terduga ….

Godaan yang paling besar buat saya  saat menunggu waktu sholat di Mesjidil Haram adalah rasa Kantuk. Untuk berjaga jaga , saya biasanya membawa spray berisi air untuk Wudhu kilat ditempat.  Sempat beberapa kali  saya dan teman teman melakukan tawaf sunat sambil menunggu waktu sholat. Biasanya  sehabis tawaf insyaAllah rasa kantuknya hilang. Suasana tawaf yang paling ramai adalah di hari hari selepas jamaah Haji pulang dari Arafah dan menjelang keberangkatan kami ke Madinah. Tidak hanya di lokasi tawaf , secara umum Mesjidil Haram pun lebih ramai dibandingkan hari hari sebelumnya. Kemungkinan karena Bis besar sudah bisa masuk lagi ke area dekat mesjidil Haram. Sehingga lebih banyak orang yang mau Sholat Fardhu disini.