Berkunjung ke Liege Museum – Belgia

Weekend kali ini kami memutuskan untuk jalan jalan ke kota Liege- Belgium  yang berjarak sekitar 150 Km dari Bonn atau sekitar 1.5 jam perjalanan. Tujuan utama kami adalah ke Aquarium-Museum,  karena Y lagi seneng senengnya liat Ikan

Keluar dari Parkiran dan masuk ke tempat tiket, ternyata antriannya sudah mengular. Lah ada apa ini coba kenapa ramai sekali yang mau masuk, padahal hari Minggu dan bukan musim liburan pula. Ternyata karena hari ini adalah minggu pertama di Bulan berjalan masuk Aquarium museum Gratis !! Pantesan ramai banget yang berkunjung.  Harga Regular tiket untuk Aquarium Museum ditambah Museum Science adalah 9.5 Euro per orang ( dewasa). Yap ternyata disebelahnya Aquarium Museum ada Mini Museum Science. Karena hari itu tiket masuk ke Aquarium Museum gratis , kami hanya perlu membayar tiket ke Mini Museum Science sebesar  10.5 Euro untuk satu keluarga ,

Museum Science

Di Museum Science, anak anak bisa melihat live experiment dan mencoba beberapa peralatan science yang ada. Kekurangannya cuma satu , bahasa pengantarnya hanya bahasa prancis tidak ada terjemahan bahasa inggrisnya. Tapi karena science adalah bahasa universal jadi kami lumayan ngerti lah maksudnya apa. Kalau bingung pun bisa bertanya ke staf museum yang bisa berbahasa Inggris.

Aktifitas yang paling disukai A di museum ini adalah saat ada live experiment. Ada 2 live experiment saat kami berkunjung. Yang pertama adalah mengenai medan Listrik , dan yang kedua adalah experiment menggunakan Liquid Nitrogen.  Experiment dengan medan listrik dilakukan dengan mengalirkan medan listrik ke 2  wanita dewasa , sehingga rambut kedua wanita ini bisa berdiri tegak tanpa mereka merasa sakit karena mereka berdiri diatas kursi isolator.  Sedangkan experiment dengan liquid nitrogen dilakukan dengan memasukkan beberapa barang ke dalamnya, dan bisa dipastikan benda benda ini langsung membeku!! Liquid Nitrogen memiliki boiling point di -195.79 Derajat C ( source : wikipedia).  Selesai experiment A langsung minta dibeliin liquid nitrogen buat experiment sendiri di rumah. Laaaaah gimana ini kan gak bisa sembarangan belinya nak !!

The famous Liquid Nitrogen

Aquarium – Museum

Aquarium museum ini terdiri dari 2 bagian , bagian pertama adalah Aquarium berbagai binatang air , dan bagian kedua adalah museum Fauna.

Aquarium disini merupakan versi yang lebih kecil dibandingkan Sea Life yang kami kunjungi seminggu sebelumnya.  Dan karena hari itu penuh dengan pengunjung , A sampai agak agak sesak nafas di dalam.  Sepertinya ruangannya tidak didesign untuk menampung pengunjung sebanyak itu.

Yang paling menarik di Aquarium ini adalah mini Hiu, yang ditempatkan  di Aquarium utama. Beberapa keluarga terlihat sibuk berfoto didepan Aquarium utama , si Hiu yang jadi pemeran utama malah  keseringan sembunyi dibalik bebatuan.

Museum Fauna  yang awalnya saya pikir cuma museum binatang laut ternyata memiliki koleksi binatang lainnya seperti binatang khas belgia juga binatang Invertebrata. Pemeran utama di museum ini adalah  fossil ikan paus sepanjang 19 meter. A langsung excited dan minta difoto di depan si Paus.

Sementara buat Y yang paling menarik adalah fossil buaya.  Apalagi karena di etalase ada replika Buaya utuh dibawah kerangka buaya. Y langsung sibuk tanya tanya ini apa itu apa. hehe belajar terus ya nak biar tambah pinter …

In overall , A dan Y cukup happy setelah kunjungan ke Aquarium Museum dan Science Museum Liege.  Untuk A yang paling berkesan adalah live experiment di Science Museum sedangkan Y paling suka dengan ikan ikan di dalam aquarium. Di jalan pulang kami mampir ke Carefour Express buat beli Cheetos dan Doritos, apalagi kalau bukan buat cemilan di perjalanan !!