Panen Permen saat Karnival di Bonn

Seperti tahun tahun sebelumnya ,  tahun ini Rosenmontag dimeriahkan dengan parade karnaval di berbagai kota di wilayah North Rhine-Westphalia. Keunikan karnaval disini adalah saat peserta parade melemparkan berbagai jenis permen dan coklat ke Anak anak dan penonton. Terutama penonton anak anak yang memakai full kostum. Mayoritas permen yang dilempar adalah merk  Haribo, seperti Yummy kalau di Indonesia.

Rosenmontag Tahun 2017 ini jatuh di hari senin tanggal 27 february.  Karena si Ayah kudu kerja dan A nginep di tempat sohibnya di Wachberg yang depan rumahnya dilewati parade , akhirnya saya dan Y memutuskan untuk menonton parade di Wachberg

Jam 12 Saya dan Y sudah berangkat dari rumah , dari pada jalan ditutup dan gak bisa lewat. Paradenya sendiri baru dimulai jam 2.15 PM. Tepat jam 2 kami sudah siap siap anak anak pakai kostum dan ambil posisi di depan rumah sambil bawa plastik buat ngumpulin permen. Angin dingin masih menerpa saat kami keluar rumah. Walaupun tidak mengurangi keantusiasan orang orang untuk menonton parade ini. Beberapa orang sudah siap dengan meja kecil dan bir untuk menghangatkan badan sambil menunggu mobil parade Lewat. Tahun ini A memakai kostum ninja sedangkan Y memakai kostum kingfrog  hibahan dari si kakak. Maklum mama mama pengiritan males beliin kostum baru buat Y hihi.

Jam 2.15 Musik mulai terdengar dari ujung jalan. Peserta parade sudah siap untuk memulai parade. Y yang sudah ngantuk juga sudah tidak sabar menunggu mobil parade lewat. Marching band perdana mulai melewati kami, diikuti peserta parade yang mulai melempar lempar permen permen dan coklat berikut tractor yang juga membawa peserta parade dan berkotak kotak permen.

      

Y bukannya sibuk ngumpulin permen yang dilempar lempar malah sibuk ngeliat traktor yang berseliweran. Laaaaah gimana sih dek….

 

Permen Haribo ini memang mengandung gelatin yang tidak bisa dimakan oleh kami. Jadinya Y tidak terlalu semangat mengumpulkan permen permen ini. Yang bisa kami makan cuma jenis marsmellow yang memakai beef gelatin dan ada label halalnya.

Beberapa peserta parade berbaik hati minggir dan memasukkan permen ke tas Y yg gak penuh penuh sementara A sampai harus ganti tas karena plastiknya sudah kepenuhan. Harapan awal saya untuk dapat buah buahan segar tidak kesampaian. Biasanya banyak petani yang ikutan parade dan melempar Apel segar karena banyak yang tinggal di daerah sini dan punya perkebunan buah dan sayuran. Sepanjang parade cuma satu tractor yang membawa apel, ya lumayan lah dapat satu  apel buat syarat??.

Sekitar jam 2:45 parade sudah selesai. Ternyata disini paradenya tidak seramai dan selama di Bonn yang bisa sampai 1.5 jam an. Walaupun begitu Mama senang karena tidak perlu jauh jauh jalan sudah bisa langsung nge”teh” menghangatkan badan di dalam rumah setelah keanginan diluar. Anak anak juga happy dapat permen satu kantong besar!!