Menginap di penginapan ala Riad

Di Marrakesh kami menginap di Penginapan ala Riad instead of menginap di Normal Hotel atau apartment. Riad ini adalah sejenis Guest House kalau di Indonesia. Jumlah kamarnya tidak terlalu  banyak tapi tempatnya cozy dan nyaman buat keluarga macam kami.

Kamar cozy dengan kamar mandi ala Villa Villa di Bali 

Di Riad tempat kami menginap jumlah kamarnya tidak sampai 20 , terdiri dari 3 tingkat,  dan di tingkat paling atas terdapat gazebo tempat duduk duduk ,  minum teh atau sarapan pagi.  Kamar yang kami ambil adalah tipe yang tengah tengah. Dan ternyata sangat cozy dengan model kamar mandi ala villa villa di Bali

Breakfast  Gratis tiap pagi

Sarapan pagi di Riad agak berbeda dengan di normal hotel yang biasanya sudah tersedia secara prasmanan. Makanan akan diantarkan seperti model ala carte ,berbagai jenis roti , selai , mentega  dengan telur matang atau setengah matang, ditambah dengan jus dan tentu saja Mint Tea.

Dinner makanan khas Maroko

Di Riad tempat kami menginap juga menyediakan service untuk Makan malam dengan makanan khas Maroko alias Tagine. Harganya sih mahal kalau menurut saya hehe , satu orang 15 euro , which is bisa dapat jauh lebih murah kalau makan diluar dengan menu yang sama.

Laundry Gratis 

Ini yang too good to be true , laundrynya gratis , dicuciin sama yang biasa bersih bersih. Pagi pagi tinggal ditaruh di depan kamar , sorenya sudah rapi di lipet dan dianter ke kamar. Mama tinggal selonjoran gak perlu mikir cuci cuci baju.

Hamam alias Spa service . 

Di Riad ini juga menyediakan jasa Hamam alias Spa , harganya menurut saya standard lah. Servicenya mirip mirip dengan di Indonesia , bedanya cuma yang mijit orang Maroko instead of Mbak mbak Indonesia.  Yang jadi masalah disini cuma satu buat saya , Hamamnya campur antara laki laki dan perempuan!!

Tour service

Sama seperti hamam , si Riad juga menyediakan menu tur.  Kami akhirnya ngambil tour dari sini karena harganya lumayan standard dibandingkan kalau ambil dari luar gak terlalu jauh beda. Tour yang kami ambil adalah daily tour ke Atlas Mountain dan sekitarnya. Silahkan baca disini untuk detail perjalanan kami ke Atlas mountain.

In overall , saya suka dengan penginapan jenis riad macam begini , rasanya lebih hommy. Harganya juga cukup terjangkau. Bolehlah buat pilihan penginapan yang anti mainstream.