Nonton Tari Flamenco di Sevilla

Flamenco merupakan tari tradisional khas daerah selatan Spanyol. Penarinya bisa laki laki dan atau perempuan dengan dominasi gerakan kaki yang dihentakkan ke lantai. Mulai dari saat kita berkunjung ke Granada , sudah banyak agen tour / travel  yang menawarkan tiket pertunjukan Flamenco. Sayangnya karena waktu pertunjukannya cukup malam , mulai jam 8 keatas , kita tidak terlalu tertarik untuk menonton. Pertimbangannya apalagi kalau bukan dua anak kicik ini  yang kalau kecapean bisa super cranky  dan malah jadi heboh sendiri.

Hari pertama di Sevilla waktu check in di penginapan , iseng iseng nanya sama mbak resepsionis yang super ramah tentang pertunjukan Flamenco. Eh ternyata si penginapan punya kerjasama dengan Museo del Bailo Flamenco ( salah satu tempat pertunjukan Flamenco) dan waktu di reconfirm mereka punya show yang mulai jam 5 sore dan boleh bawa anak kicik ke dalam . Horeeeee, pas banget buat kami. Kami langsung confirm ke mbak resepsionisnya untuk reserve tempat dan bayar tiketnya. Harga tiket pertunjukannya 20 euro untuk dewasa dan 12 euro untuk anak 6 tahun ke atas, dibawah 6 tahun gratis.

Karena masih jam 1 siang , kami memutuskan jalan jalan dulu ke Plaza Espana, dan kalau sempat ke Alcazar dan Catedral.   Plaza Espana ternyata lebih indah dari yang kami bayangkan.

Anak kicik juga suka karena ada boat riding. Langsung minta naik!! Lumayan gak terlalu mahal, 6 euro untuk  menit kalau mau dayung sendiri dan 15 euro kalau pake mesin. Yang pakai mesin bisa sharing dengan pengunjung lain karena bisa muat 12 orang, sementara yang manual maximum 6 orang .  Si Kakak yang semangat mau dayung , sama Ayahnya. Saya sama si Adek duduk manis saja menikmati angin sepoi sepoi. Ternyata oh ternyata ngedayung sampan itu susah yaa, 10 menit itu sampan gak maju maju, nabrakin orang sana sini. Sampai ada ibu ibu teriak , “tenang aja , ntar juga bisa , tadi kita juga sama begitu , you will get there !! katanya hahahahaha. Akhirnya memang bisa mendayung si sampan , tapi si Ayah sudah kecapean baru sampe tengah tengah , akhirnya kami memutuskan balik lagi gak sampai ujung :).

Si Kakak yang agak sewot tapi apa daya dari pada sampai ujung tapi gak bisa balik lagi kan repot kak.

Puter puter plaza Espana gak terasa sudah jam 4 ,  langsung buru buru berangkat menuju ke tempat pertunjukan.  Sampai tempat sekitar jam setengah 5 lewat sudah ramai yang pada antri. Masuk ke tempat  pertunjukan kami sengaja mencari tempat di dekat pintu , kalau kalau si Adek rewel nantinya jadi gampang diajak keluar. Pertunjukannya fully book , tidak cuma yang jam 5 tapi sampai yang jam 10 malam ternyata juga full book. Mereka punya 4 pertunjukan untuk hari itu.

Penampilan pertama dibuka oleh penari perempuan dan satu orang pemain gitar. Btw, di pertunjukan ini dilarang mengambil video, hanya diperbolehkan untuk mengambil foto. Penarinya sudah tidak terlalu muda tapi gerakannya super lincah  dan menari selama lebih dari 15 menit. Saya yang nonton sampe berasa ikut keringetan, mungkin kalau dicari komparasinya ini gerakan setara dengan  combat. Jadi inget jaman kantoran dulu suka ikut combat sore sore sampe mengges mengges.

 

Setelah tarian pertama selesai , si penari istirahat dan pertunjukan diisi oleh penyanyi dengan lagu lagu ala spanyol diiringi dengan gitar

Setelah lagu lagu selesai tarian dilanjutkan lagi, kali ini penarinya berpasangan, si Mbak yang tadi nari lagi dengan Mas Mas dan terakhir ditutup dengan tarian solo dari Mas nya

Total waktu pertunjukan adalah 60 menit , saya  dan Ayahnya suka sekali dengan pertunjukannya MUST DO LIST menurut kami kalau berkunjung ke Andalusia.Kalau menurut si Kakak katanya agak boring, dan si Adek  juga tidak terlalu menikmati  hiks hiks.  Memang kalau menurut saya pertunjukannya bukan ditujukan buat anak anak, tapi mau bagaimana lagi kan gak mungkin juga bocah bocah ini ditinggal di penginapan sendiri.. Nasip jadi family traveller di negeri seberang  🙂 🙂