5 jam Madrid – Granada demi melihat Alhambra

Lagi lagi karena tiket murah kami memutuskan naik Alsa Bus dari Madrid ke Granada, dan  “terjebak”lah kami di Bis selama 5 jam dari Madrid ke Granada…Tapiiiii   Älhamdulillah , ternyata bisnya cukup nyaman walaupun naik yang ekonomi. Masing masing kursi ada personal Screen dengan Film , game, charging station  kaya di Pesawat  plus  Wifi. Lumayan anak kicik ada hiburan pas lagi bosan liat liat pemandangan. Toilet juga tersedia di dalam bis , sehingga tidak perlu repot menahan pipis selama di perjalanan, terutama untuk yang membawa anak kecil. Perjalanan selama  5 jam  sudah termasuk 30 menit istirahat di rest area. Bisa makan siang atau beli cemilan  dan ke toilet. Kami juga sempat turun  beli orange juice dan makanan kecil plus si anak kecil berhasil “merampok” ayahnya beli mobil mobilan ( tragedi yang terjadi kalau emaknya meninggalkan ayah dan anaknya berdua saja). Beberapa penumpang saya lihat juga banyak yang bawa bekal sendiri buat makan siang termasuk kami,  bawa Nasi + abon + rendang , plus chips chips buat pengganjal perut di jalan. Buat saya pribadi , pemandangan paling mengesankan adalah pada saat melihat pegunungan Sierra Nevada dengan puncaknya yang putih tertutup salju mengelilingi hamparan pepohonan hijau sebelum memasuki kota Granada.  Dan nikmat Tuhan mana yang engkau dustakan ….

Bekel makan siang dijalan , Nasi Abon + Rendang

 

 

 

 

 

 

 

Pegunungan Sierra Nevada dengan puncaknya yang bersalju

Alhambra , We are coming !!!!

Tujuan utama kami datang ke Granada adalah melihat  Alhambra yang tersohor. Karena banyak yang merekomendasikan untuk membeli tiket Alhambra, jauh jauh hari sebelumnya , saya sudah beli online tiket in advance di ticketmaster.es. Hanya saja printed ticket nya tetap harus diambil di mesin tiket di Granada. Bisa di pintu masuk Alhambra atau di Coal House di tengah kota. Pada saat membeli tiket online kita harus memilih apakah mau masuk di slot pagi ( jam 8 – 14) atau slot siang ( 14-18). Khusus untuk Nasrid Palace , ada jam masuk tertentu lagi tiap 30 menit sekali dan masuknya harus sesuai schedule. Kami memilih jam 13:30 untuk masuk ke Nasrid palace. Karena letak  Coal house ada di tengah kota dan tidak jauh dari apartement kami, kami memilih untuk mengambil tiket disini dibandingkan harus naik ke atas Alhambra.  Pada saat mengantri untuk mengambil tiket , ternyata ada juga beberapa orang yang membeli tiket untuk masuk besok hari. Disini Pembelian  dan pengambilan tiket cuma bisa dilakukan dengan credit card. Jadi apabila sudah membeli tiket secara online di internet , jangan lupa membawa kartu yang digunakan untuk pembayaran. Karena tanpa kartu fisiknya kita tidak bisa mengambil printed  ticket di mesin tiket.

Sambil menunggu antrian pengambilan tiket di Coal House

Untuk menuju ALhambra  ada 2 cara yaitu dengan berjalan kaki atau naik bus C3/C4. Karena jalannya mendaki , dan dari pada kecapean sebelum sampai tempat tujuan akhirnya kami memutuskan naik bus. Untuk tiket bus , karena pemakaian total untuk kami berempat lebih dari 4 kali maka kami membeli travel card. Harga travel card adalah 2 Euro per kartu ( refundable dengan pengembalian kartu),  top up kelipatan 5 euro dan sisa uang  non refundable. Dengan travel card satu kali perjalanan per orang kita hanya di charge 0.79 euro  vs 1.2 euro  tanpa menggunakan travel card. Lumayan untung kalau buat kami karena dari stasiun bus ke tengah kota kami juga menggunakan city bus.

Belajar dari pengalaman waktu ke Petra , kami tidak bawa stroller buat anak kicik pada saat berkunjung ke Alhambra, tetapi kami membawa gendongan punggung, kalau kalau si anak kicik kecapean minta digendong dan mau tidur. Alhambra terdiri dari 3 bagian besar , Generalife , Alcazaba dan  Nasrid Palace.  Masing masing tempat punya keunikan masing masing. Generalife  sepertinya tempat yang paling cocok kalau mau buat foto Prewed dengan latar taman taman bunga. Sepertinya paling pas memang mengunjungi Alhambra pada saat winter break karena tidak terlalu ramai. Kalau mau santai santai kita bisa duduk duduk di pinggiran taman sambil menikmati Granada dari puncak bukit atau sekedar duduk di bawah pohon jeruk sambil menikmati angin sepoi sepoi.

Duduk duduk santai di bawah pohon jeruk
Kenapa kalau foto gak mau nengok depan ya dek ..

Untuk yang hobi foto kota dari ketinggian, spot yang paling tepat adalah dari tower tertinggi di Alcazaba. Menurut mba Guidenya , foto foto di postcard granada banyak diambil dari tempat ini. Pas kami lagi ambil foto , ada mas mas bule yang nekat duduk di pinggiran tower. Mungkin ngarep difoto ? hihi..

Alcazaba letaknya diujung alhambra , bersebelahan dengan Nasrid Palace. Dijalan menuju Ke Alcazaba ada studio  foto  kostum dengan pakaian ala arab. Sayangnya adek yudis tidak mau diajak foto hiks hiks …. sepertinya dia sudah ngantuk … Di sekitaran tempat foto terdapat beberapa kios yang menjual makanan dan minuman, juga ada pelataran dan toilet tempat pengunjung beristirahat sebelum memasuki Alcazaba atau Nasrid palace.

Untuk memasuki Nasrid Palace pengunjung disarankan untuk mengantri 30 menit sebelum jadwal yang dipilih. Kami agak kecepetan waktu itu mengantri 40 menit sebelum waktunya , akhirnya pas sampai depan penjaga belum jam 13:30 , dannnnn belum boleh masuk, disuruh tunggu bersama dengan beberapa pengunjung yang juga kecepetan masuk. Yang paling kasian ada turis cewek yang dapat jadwal masuk  jam 15:30 ,dan  harus nunggu 2 jam lagi  baru bisa masuk, langsung melow dia ….

Salah satu pintu di Nasrid Palace , di dindingnya merupakan kaligrafi tulisan arab

Di Nasrid Palace banyak terdapat kaligrafi Arab  di dinding dinding dan di bagian atap bangunan warna warna di sini di dominasi dengan warna putih dan keemasan. Di tengah tengah komplex bangunan terdapat kolam.

Foto di deket kolam dulu ah

Anak anak langsung semangat pengen main air di kolam , waaaa dilarang nak disini!!!! Yang gede langsung manyun dan mogok difoto hehe. Penyakit yang gede kalo lagi ngambek dan kecapean adalah males difoto. Si  anak bungsu yang awalnya semangat 45 jalan kesana kesini akhirnya kecapean , lalu minta digendong dan langsung tidur!!!!! Kaya siapa cobaaaaa…..