Jalan jalan ke Kota Antwerp jangan lupa ke St Anna tunnel

Masih lanjutan liburan musim panas yang super lama ini , kali ini kami memutuskan untuk jalan jalan ke Kota Antwerp. Termasuk kota tetangga juga dengan Bonn karena bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 3 jam , walaupun  sudah beda negara dan beda bahasa.

Antwerp adalah kota ke2 terbesar di Belgia dan memiliki port terbesar kedua di Eropa ( source  : wikipedia) . Menjelang masuk ke kota Antwerp , ratusan tumpukan kargo sudah terlihat di pinggiran jalan berikut nama nama shipping line terkenal di dunia (maklum mama satu ini jaman dulu sering berurusan dengan per-kargo-an dan per-kapal-an, jadi seperti kembali ke  masa lalu hehe ). Masuk ke kotanya ternyata sedang banyak pembangunan jalan dan bangunan bangunan. Dan GPS kami yang kalau di jerman tidak pernah bersuara kalau ada kamera, di sini bolak balik bunyi beberapa meter sebelum lokasi kamera speeding, ajaib ….

Walaupun kotanya tidak terlalu besar , tapi beberapa hal cukup menarik untuk dilakukan bersama anak anak di kota ini :

  1. Walking around  di Grote Mark dan Makan Kerang Hijau

Pusat kota Antwerp ada di sekitaran Grote Mark, menurut orang hotel , ada parkiran gratis sekitar 1 km dari Grote Mark, tapi karena malas jalan kejauhan kami parkir mobil di sekitaran Grote Mark ( yang ternyata super mahal, pantesan di rekomendasiin suruh cari parkiran gratis !!!!).

Makanan yang paling terkenal disini adalah Mussel alias kerang hijau. Rata rata restoran lokal menawarkan menu kerang hijau rebus yang pastinya kami ( saya dan suami ) semangat 45 untuk mencoba. Dasar sok tau , kami pikir si kerang ini satu porsinya cuma seukuran piring normal, ternyata datangnya sepanci gede yang bisa buat dimakan sekeluarga  HALAHHHHH tau gitu kami  gak pesen makanan lain deh…Pulang dari makan malam langsung perut kembung kekenyangan itu aja masih ngebungkus kentang goreng yudis yang gak habis dimakan di restoran.

2. Minum Hot Chocolate di Leonidas.

Karena susah cari kopi (buat suami) akhirnya kami terdampar di Toko Coklat Leonidas yang merupakan salah satu toko coklat terkenal di dunia asal Belgia. Konon katanya coklat yang paling enak di Dunia adalah coklat dari Belgia. Sampai sampai salah satu brand Ice cream terkenal memakai coklat ini buat lapisan ice creamnya. Di Leonidas selain menjual coklat juga menjual minuman hangat (hot chocolate tentunya dan teh) . Beberapa jenis kue, pastri termasuk macaroon juga dijual disini. Dan kalau beli Hot chocolate bakal dapat gratisan satu coklat blok, jadi kalau malas beli coklat kiloannya tapi mau coba bisa beli minumannya buat dapat gratisan coklatnya.

3. Makan Waffle toping buah buahan , coklat dan teman temannya

Belgia juga terkenal akan waffle dengan berbagai macam topingnya. Salah satu toko yang cukup menarik bercat warna hijau, sayang gak ada namanya ( atau mungkin kami gak liat  karena sudah langsung sibuk pilih pilih toping waffle) Pilihan Abi adalah waffle topping strawberry dan coklat. Sementara Yudis makan waffle topping white chocolate  berdua Ayahnya. Selesai makan waffle 2 krucil ini kekenyangan dan leyeh leyeh di kursi malas di depan kios. Pas pula kursinya ada 2

4. Masuk ke Steen dan Jalan Jalan di pinggir Sungai.

Het Steen is a medieval fortress in the old city centre of Antwerp, Belgium, one of Europe’s biggest ports (source : wikipedia).

Di atasnya ada balkon yang menghadap langsung ke sungai , bisa buat duduk duduk menikmati angin sepoi sepoi dan lari larian buat anak kicik. Mereka sih seneng pakai banget disini , pas gak terlalu banyak orang juga , ada beberapa nenek kakek yang sedang duduk duduk disini yang cuma ketawa ketiwi ngeliat kelakuan dua bocah ini.

Diujung balkon ada restoran fine dining. Kalau punya budget lebih boleh juga dicoba makan disini , kita sih skip hehe.

5. Masuk terowongan St Anna

Terowongan St Anna , atau St Anna tunnel merupakan terowongan di bawah sungai yang diperuntukkan ke pejalan kaki dan pengendara sepeda yang mau menyeberang sungai Scheldt. Panjang terowongannya 632 m  dan  Escalatornya  terbuat dari Kayu.

Baru pertama kali ini kami melihat escalator yang terbuat dari kayu bukan dari besi.  Anak anak super excited pas jalan disini, karena tau bahwa ini terowongan letaknya dibawah sungai. Apalagi ternyata pas sampai diujungnya ada playground gratisan buat main. Horeeee. Special treat setelah jalan 600 m +

6. Eat Frites

Nah saya sebenarnya masih penasaran dengan si kentang goreng ini. Kenapa namanya french fries tapi di Brussel namanya frites. Ternyata setelah  googling , nama french fries ini karena dulu orang America salah sebut frites dengan french. tapi asal muasalnya si kentang goreng ini sebenarnya dari belgia bukan dari prancis. Dan frites ini merupakan salah satu makanan icon di Belgia. Kalau rasanya sih ya sama aja kaya kentang goreng dimana mana hehe. Cuma yang ngantri banyak banget dan rata rata turis. Sepertinya habis beli langsung selfie dan posting di Sosmed kalau lagi makan frites di Belgia hahahaha.

6. Enjoy Brussel View from the top of Museum aan de stroom

Free of charge , bisa langsung naik ke atas balkon dan melihat brussel dari atas gedung. Sayangnya kita gak sempet kesini karena  anak anak sudah kecapean. Maybe some other time ya Nak , mudah mudahan ada rejeki lagi bisa maen kesini lagi !!!