Pasar Malam di Marakesh

Djemaa-El-Fnaa merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler di Marrakesh. Kalau siang hanya seperti pasar biasa, tapi begitu sore menjelang malam, pedagang makanan, minuman, bumbu bumbu, orchestra jalanan, tukang ular mulai pada buka lapak di Alun Alun pasarnya. Hampir mirip dengan kawasan sekitar Malioboro – Pasar Beringharjo dan Alun Alun. Mungkin yang membedakan adalah pasarnya buka sampai malam hariDSC02037

.Yang paling hits menurut saya di sini adalah  Fresh Orange Juicenya. Banyak Abang abang buka lapak khusus jualan Orange Juice saja. Harganya pun cukup murah. Sekitar 10 dirham satu gelasnya. Abi sih ga cukup satu sekali minum. Emang seger banget soalnya. (walaupun saya agak curiga dikasih tambahan gula buatan hehehe).DSC02000
Selain Orange Juice, siput lautnya juga enak agak agak pahit dikit, makannya sambil di “srutup” srup surpp. Abangnya jualan pakai panci yang gede  banget khusus cuma jualan siput laut. Harganya juga murah cuma 3 dirham saja satu mangkuk kecil.

Lapak makanan gede juga banyak disini dan di nomerin. Rata rata jualan seafood dan makanan khas Maroko. Harga makanannya juga tercantum di list menunya. Untuk menghindari di”ketok” ga jelas pastikan  makan hanya di tempat yang ada harganya ya. Lapak khusus jualan bumbu juga ada. Sempat tergoda buat beli tapi akhirnya ga jadi.

Tukang tipu juga banyak disini. Sebelum masuk ke pasarnya kita hampir ketipu sama Guide abal abal, mau nganterin muter muter pasar free of charge. Tapi somehow saya punya feeling agak ga enak jadi akhirnya kita  batalin. Untung dibatalin karena setelah sampai di penginapan, dan ngecek web ternyata pasar yang dibilang buka sama si Guide tutup hari itu. Alhamdulillah masih diselamatin sama Yang diAtas, ternyata memang banyak scam di Marrakesh, modusnya awalnya mau nganterin muter muter terus diarahkan masuk ke toko komplotannya  dan dipaksa beli barang harganya berkali kali lipat. Pelajaran buat kita bahwa waspada memang perlu dimana saja apalagi sebagai turis. Bagian dalam pasar disini memang hampir seperti labirin. Saran saya kalau mau menjelajah pasar dilakukan di siang hari sambil bawa peta , dan ingat ingat dimana masuk dan keluarnya. Kita balik lagi ke pasarnya besokannya dan memang nyasar di dalamnya walaupun diinget inget masuknya dimana hehehehe.

 

Di seputaran alun alun juga banyak kereta kuda (benar benar kaya di malioboro, naek delman istimewa ku duduk di muka). Sistemnya pakai tawar menawar sampai deal harganya berapa. Abi pengen naik tapi saya sama ayahnya males nawar koboi, jadi kita bujukin anaknya beli sesuatu yang lain saja. Pengamen jalanan yang pakai baju ala ala Maroko – Spanyol juga banyak bertebaran ngajakin foto, perlu diingat bahwa foto sama mereka rata rata bakal ditarikin bayaran setelahnya ya. Untungnya di Marrakesh exchange ratenya ga mencekik leher, harga harga juga mirip mirip di Indonesia, kasi tips juga mirip mirip di Indonesia jadi masih ok lah. Tukang ular yang  ularnya nari nari kaya di film film juga ada buka lapak di sini loh. Dan itu ular kobra emang beneran nari nari kaya di film sembari si Abang niup seruling. Yang nonton banyak banget, Saya melipir aja soalnya gilo hahahahaha.

Di perjalanan pulang kita ketemu Abang abang jualan buah warna ungu pakai gerobak, 3 biji 1 dirham, iseng nyobain beli 3. Pas dibuka dalamnya juga warna ungu makannya pakai tusuk gigi  rasanya agak agak asem dan gigi juga ikutan jadi warna ungu setelah makan. Abangnya ditanyain ga jelas jawabannya nama buahnya apaan. Setelah browsing baru ketemu ternyata kita makan buah KAKTUS.