Escargot yang enak tapi tidak halal

Escargot atau siput biasanya dimakan sebagai makanan pembuka di Prancis, Portugal dan Spain. Awalnya saya pikir makanan ini adalah makanan khas Prancis , ternyata menurut Om Wiki aslinya dari Catalan , Spanyol.  Waktu kami jalan jalan ke Paris , saya diajak sama Suami untuk makan di Restoran di sekitar Notre Dame. Disini saya pertama kalinya makan Escargot. Waktu itu kami mengira si Escargot ini halal halal saja , soalnya kan dari siput darat. Bukan yang hidup di dua alam. Pertama makan di pesenin dua porsi. Besokannya karena enak makan lagi di restoran yang sebelahnya pesen dua porsi lagi. Pulang pulang dari Paris , pParis_1313as belanja di supermarket liat ada yang sudah di pack tinggal di panasin. Seperti biasa saya  baca ingredient listnya , laaaaa ternyata ada white wine nya. Langsung panik.com searching internet. Ternyata dan ternyata si siput darat yang enak ini  cara memasaknya memang memakai white wine huhuhuhuhuhuhu . Pernah waktu kita jalan ke Luxembourg pengen Escargot dan minta sama chefnya supaya dimasak ga pakai white wine dan ditolak . Si Chefnya malah bilang , ga papa kok ini mah halal aja soalnya kan alkoholnya langsung menguap pas dimasak . Yeeeeeee  cape deh pak Chef, Saya pesen yang masaknya ga pake alkohol aja deh. Sedih Ga bisa makan escargot lagi hiks hiks

Selain Escargot ,di Paris saya juga mencoba makan Foie Gras alias hati angsa. yang merupakan  makanan khas Prancis. Rasanya enak juga , walaupun lebih enak si Escargot ( teteup ). Beda rasa sih sama hatParis_1311i ayam , bisa jadi karena cara memasaknya yang jauh berbeda dengan cara kita (orang indonesia ) memasak hati ayam. Paling enak makannya ditemani dengan wine hehe. Masalah halal atau tidaknya minum wine saya tidak usah jelaskan disini lah ya. Yang jelas rata rata makan di restoran di Paris teman minumnya ya wine bukan teh anget.Gelas yang di set di meja juga biasanya gelas wine. Yang kalau kami akhirnya diisi air putih hahahaha.

Anyway buat kita yang muslim tidak perlu khawatir kalau tidak bisa makan escargot  atau minum wine. Di Prancis juga banyak restoran yang halal dan juga enak. Kami sempat juga makan di restoran libanon di Champs-Élysées yang halal, ada nasi pula dan super enak. Ga kalah enak kok sama si Escargot dan Foie Gras.