Don’t Judge a Book by its Cover

Idiom Bahasa Inggris ini sangat tepat menggambarkan pengalaman kami waktu jalan jalan ke Athena. Sehari sebelum jadwal kami pulang dari Athena, supaya efisien kami sudah membeli tiket kereta ke bandara. Kami membeli tiket di counter tiket yang ada petugasnya. Si Yudis masih gratis , sementara Abi seharusnya sudah bayar. Kami ditanya oleh petugas , umurnya berapa si Abi. Kami jawap sesuai aslinya bahwa umurnya 6 tahun lebih, jadi seharusnya sudah bayar. Eh sama si petugas malah disuruh ga usah bayar tiket aja, dan diajarin , nanti kalo ada petugas diatas kereta nanya bilang aja kalo umurnya 6 tahun ga usah pake embel embel 6 tahun sekian bulan, jadi kamu ga perlu beli tiket. Ini 2 tiket aja. Ya udah deh akhirnya kita cuma beli 2 tiket aja sesuai dengan yang disaranin.

Besokannya kami berangkat ke Bandara 3  jam sebelum waktu take off.  Lama perjalanan dari penginapan ke Bandara sebenarnya tidak sampai 1 jam , cuma 40 menitan , tapi karena kami harus ganti kereta dan masih harus jalan lagi dari stasiun ke airport hall jadi kami berangkat lebih awal. Kami  naik metro  dari Kato Pattisia  menuju neratziotissa, dan akan melanjutkan dengan suburban train ke Airport. Awalnya kami mau coba naik jalur alternative yang pakai metro nonstop, tapi karena  agak balik arah jadinya kami memilih yang pertama. Metro yang pertama datang ontime jadi kami santai santai saja, sampai di Neratziotissa kami harus menunggu sekitar 10 menit untuk naik kereta berikutnya. Keretanya datang setiap 20 menit sekali. 15 menit menunggu keretanya kok ga datang datang , liat pengumuman ternyata kereta yang ini mogok. Ok deh kita tunggu kereta berikutnya. 20 menit kemudian kok ga ada penampakan kereta datang …. mulai agak panik nih kok kereta ga dateng dateng…. Ayahnya coba naik ke atas cari petugas , eh kok yang antri banyak. Akhirnya Ayahnya turun lagi karena jadwal kereta berikutnya harusnya sudah datang .. loh kok ga ada kereta yang nampak datang juga laaa ini begimana , waktunya udah makin mepet buat ke bandara. 1,5 jam lagi pesawat berangkat , perjalanan naik kereta butuh 20 menit belum sama jalan kakinya , mepet banget kalau nunggu kereta berikutnya , belum tau pula datang apa ga …. hadoooh gimana ini keretanya kok tidak reliable huhuhuuu…..

Akhirnya kami memutuskan untuk cari taksi saja ke bandara, dari pada telat . Nunggu di tepi jalan sudah 10 menit ga ada satupun mobil lewat, boro boro taksi !!! aggghhhh nasip pergi pas tahun baru  kayanya supirnya pada bergadang semua …

Setelah 20 menit menunggu akhirnya ada satu taksi lewat , taksi jelek plus supirnya ga pake seragam dan agak agak ga jelas. Saya agak agak takut mau masuk , bukan apa apa  banyak berita ditipu taksi abal abal juga di Athena. Tapi akhirnya karena ga ada pilihan kami naik juga ke taksinya , daaaan si Supir ga bisa bahasa inggis , atau spanyol atau jerman atau prancis  !!! Untung kata “Airport”adalah bahasa universal jadi doi ngerti , dan juga ngerti waktu kita bilang suruh pakai meter. Akhirnya kita berangkat pakai baca Bismillah yang banyak.  Si Ayah bilang sama supir taksi suruh yang cepet nyupirnya soalnya kita udah mau telat naik pesawat. Ngomong pakai bahasa inggris plus bahasa tubuh !!

Supir yang mencurigakan ini mana bolak balik liat liat ke belakang sambil ngajakin Yudis becanda , giginya ada yang ompong pula hadooohh tambah jiper kebayang film horor . Saya dalam perjalanan sambil sibuk liat ke plang jalan tol memastikan kita menuju arah bandara, parno tingkat tinggi…. 30 menit kemudian (yang terasa setahun)  bandara yang dituju akhirnya keliatan, alhamdulillah!!!  Selamat juga kami sampai ke bandara dan ga telat..Ternyata ini supir bener ga macem macem. Ga juga minta tambahan duit setelah sampai kebandara ataupun “nge- getok”… Ternyata emang bener kata orang bijak ” Don’t judge the books by its cover”. Walaupun supirnya spooky dan mobilnya jelek ternyata orangnya ga macem macem kook!! Buktinya kita selamat sampai ke Bandara, cepet pula. Dan satu lagi yang paling penting jangan suka curang , gara ga ngirit 7 euro buat naik kereta akhirnya harus bayar 25 euro buat naik taksi !!!!