Barcelona, I’m in love

Barcelona is one of the world’s leading tourist, economic, trade fair and cultural centers ( source : Wikipedia) . Totally agree with Wiki, this City is amazingly beautiful, tidak salah kalau menjadi salah satu tujuan top wisata dunia !! Mengunjungi Barcelona di musim semi menjelang musim panas adalah saat yang sangat tepat menurut saya. Udaranya sejuk tidak terlalu panas tapi juga sudah tidak dingin dan belum seramai di musim panas. Kita bisa dengan nyaman mengunjungi daerah pegunungannya juga daerah pantainya jadi tidak hanya daerah pusat kota saja. Mau naik hop on hop off (HOHO) bus pun nyaman karena ada setiap 10 – 20 menit sekali bandingkan dengan di musim dingin yang bisa 30 – 40 menit sekali bahkan 1 jam sekali. Dari beberapa kali pengalaman naik  HOHO  di Barcelona ini  yang  paling menguntungkan,  karena tempat yang dikunjungi banyak dengan harga yang cukup standard.
Arsitektur bangunan dan kota Barcelona memang sangat menarik.  Saya bisa terkagum kagum melihat Casa Battlo – karya Antoni Gaudi- , gedung  dengan mozaik  warna warni pastel atau Sagrada Familia – walaupun masih tahap pembangunan –juga karya Antoni Gaudi yang merupakan salah satu Unesco World Heritage Site, bahkan menyusuri La Rambla – yang banyak copetnya – bisa membuat saya betah berlama lama berjalan kaki dan foto foto tentunya 😀 .
La Rambla adalah salah satu pusat belanja di Barcelona , modelnya seperti ruko ruko kalau di Indonesia , tapi dengan gedung gedung tua yang sangat cantik arsitekturnya. Toko tokonya pun cukup lengkap , mulai dari toko barang branded sampai toko aksesoris tradisional juga ada. Di sini juga ada pasar yang menjual makanan dan minuman namanya St Josep mercat. bisa beli juice, buah, daging, seafood mentah dan seafood matang dengan harga yang cukup miring.  Mau kerang, udang , lobster, kepiting , bahkan tiram yang gede juga ada.

Parc Guell– another creation of Antoni Gaudi, juga menarik untuk dikunjungi. Masuknya gratis dan tamannya sangat luas dengan batu batu unik dan mozaik keramik yang berwarna warni. Di pintu masuk ada patung naga( awalnya saya pikir kadal loh , ternyata Naga) yang merupakan maskot dari Parc Guell dan di bagian atas taman ada sitting area dimana kita bisa melihat pemandangan cantik kota Barcelona!!
Kalau suka dengan pantai , ada 2 pantai yang cukup ramai,Barceloneta dan Icaria. Pantainya bersih dan rapi dan tidak ada sampah sama sekali. Kalau musim panas banyak yang pada berjemur di sini, pas kita kesana ada yang berjemur tapi ga banyak. Abi yang pasti main air dan main pasir, kapan lagi nemu pantai pas lagi anget pula.

Selain 2 pantai diatas ada juga Marbella Beach, konon katanya ini pantai Nudist, kita sih ga kesana takut dosa hahahahaha.

Naik ke atas ada Montjuic Castle/Fortress dan Tibidabo Amusement Park. Montjuic Castle terletak di puncak Montjuic hill, kita bisa naik cable car dari Montjuic park kalau mau kesini. Memang harus nambah bayar lagi kalau mau naik cable car, tapi bisa dapat diskonan dari booklet HOHO bus, lumayan lah.  Karena castle ini letaknya diatas Port, dari atas Castle kita bisa melihat hamparan lautan biru, cakeepp banget. Untuk anak anak yang suka dengan permainan di Amusement park macam Dufan, bisa berkunjung ke Tibidabo Amusement park. Ini letaknya juga di bukit, kalau mau kesana kita bisa naik Tramvia Blau – Vintage tram berwarna biru. Bayarnya diatas sama kondektur. Kita waktu itu ga masuk ke Parknya – Ga cukup waktunya dan mahal juga hehe. Cuma sempat naik tramnya bolak balik dan menikmati pemandangan diatas bukit.
Makanan di Barcelona juga surga buat kami yang penggemar makanan laut. Salah satu hidangan khas spanyol yang terkenal adalahTapas – hidangan yang disajikan dalam porsi kecil-. Sekali pesan bisa sampai 6 – 7 porsi , mulai dari udang sampai kacang edamame. Tapas ini memang bermacam macam jenisnya , mulai dari seafood, daging , sayuran juga keju. Paling banyak kalau kita pesan seafood pastinya. Yang pasti pulang pulang kita mabok Tapas dan seafood. Selain Tapas, Paella juga recommended. Paella adalah nasi bakar kuning , biasanya dengan toping seafood, daging atau sayuran. Rasanya kaya kaya nasi goreng tapi dikasi kunyit , enaaakkk !!! lumayan jadi ga kangen nasi selama jalan jalan. Maklum perut ga bisa boong , tetep aja perut Indonesia hehehehe.
Kita juga sempat makan di restoran local namanya Can Culleretes – one of the oldest restaurant in Barcelona
.
Rata rata yang makan disini orang local, jadi pelayannya pun ga begitu bisa bahasa Inggris. Makananya enak banget menurut saya, ga kaku seperti makanan restoran. Suasananya pun sangat nyaman dan tenang. Buat yang suka dengan desert manis, bisa mampir ke toko toko kue  yang menjual churros, salah satu yang cukup ramai namanya Granja la Pallaresa. Disini bisa makan churros pake cocolan coklat cair !!
Last but not least jangan lupa mampir ke stadiun FC Barcelona. Klub bola kecintaan Abimanyu. Kalo beruntung pas lagi ada pertandingan bisa nonton bola deh. Kalaupun ga nonton bola, foto foto sama pialanya atau di stadiunnya juga happy kok. Hidup Barca!!