Maldives in Budget

Maldives , tujuan wisata yang sebelumnya selalu identik dengan luxury travel ternyata beberapa tahun terakhir sudah bisa dikunjungi dengan budget yang lebih terjangkau.  Hal ini berkaitan dengan dibukanya pulau lokal untuk turis oleh pemerintah Maldives semenjak tahun 2009, dan dibukanya rute penerbangan ke Maldives dari  berbagai Budget Airlines.Sehingga  impactnya saat  ini Maldives sudah bisa dikunjungi oleh para Backpacker  dan budget traveller.

Saran saya kalau mau ke Maldives ajaklah pasangan , kalau belum punya pasangan ajak teman atau sahabat juga bisa, supaya bisa sharing kamar  maksudnya 😉 )   Jadi bisa lebih menghemat.

  1. Flight / Penerbangan ke Maldives

Ada dua budget airlines yang melayani rute penerbangan ke  Male, Maldives dari negara tetangga Indonesia , yaitu Air Asia  dari Kuala Lumpur ( KUL)  dan Tiger Air dari Singapore (SIN). Kedua penerbangan ini berangkat di Malam hari, jadi tinggal dicari penerbangan awal dari kota tempat tinggal kita di Indonesia ke Kuala Lumpur atau Singapore. Pengalaman kami adalah menggunakan Air Asia dari Jogja ke Kuala Lumpur  kemudian Kuala Lumpur ke Male. Harga tiket penerbangan normal dari KUL atau SIN  sekitar 3  juta rupiah , kalau dapat promo  sekitar 2,5 Juta PP  . Sedangkan tiket dari Kota besar di Indonesia ke KUL atau SIN berkisar di 1  juta rupiah PP dengan budget airlines ( bukan garuda bukan SQ, kecuali tukar point  😎 )

  • in average total cost untuk normal flight berkisar di +/-  4  juta rupiah  ( 300 USD ) dari Jakarta – Male per orang atau 8 juta rupiah ( 600 USD )  untuk 2 orang

2. Local Island :

Untuk travelling secara hemat di Maldives , pilihan pulau yang bisa dikunjungi adalah pulau lokal instead of Resort.  Pulau lokal yang paling terkenal untuk dikunjungi oleh para backpacker adalah Maafhusi.  Perjalanan ke Maafhusi bisa ditempuh dalam waktu +/- 1.5  jam dengan Ferry lokal atau +/- 30 menit dengan speed boat dari Bandara Male. Selain Maafhusi , pulau lain yang juga sering dikunjungi  dan tidak terlalu jauh dari Maafhusi adalah Gulhi , Guraidhoo . Ketiga pulau ini termasuk Southern Male Atoll.  Tulusdhoo, Himmafushi dan Hura ( termasuk dalam Northern Male Atoll) juga merupakan pilihan pulau lain dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari Bandara Male.

Bikini beach at Maafhusi

3. Transportasi :

Untuk transportasi murah , kita bisa menggunakan Ferry Lokal untuk menyeberang dari Bandara Male ke Pulau Local yang dituju. Harga tiket Ferry sekali jalan adalah 1 USD dari Airport ke Male dan 2 USD dari Male ke Maafhusi.  Sedangkan untuk speed boat harga tiket nya adalah 25 USD per orang langsung dari Airport/Male ke Maafhusi. Perlu diingat bahwa untuk Ferry Lokal tidak beroperasi di hari jumát. Pilihannya hanya menggunakan speed boat. Ferry dan speed boat juga hanya beroperasi sampai jam 19:30 dari Airport , kalau menggunakan flight Airasia atau TIger air pilihannya adalah menginap semalam di Male atau Hulhumale dan transfer ke Maafhusi paginya , atau cek ke Arena hotel apakah mereka punya schedule penjemputan malam hari untuk tamu hotel , sehingga kita bisa dapat rate normal speed boat  di harga 25 USD.   Sebagai perbandingan lain apabila menginap di resort  maka kita tidak bisa meng- arrange transfer airport sendiri tapi harus menggunakan private transfer dari resort dengan harga berkisar dari 80 – 300 USD per orang.

  • Biaya untuk transfer ke Maafhusi  dengan ferry :  6 USD PP per orang  atau 12 USD PP untuk 2 orang
  • Biaya untuk transfer ke Maafhusi  dengan speed boat  :  50  USD PP per orang atau 100 USD PP untuk 2 orang

 

4. Penginapan :

Penginapan di pulau lokal sering disebut sebagai Guest House oleh penduduk sekitar. rate kamar di pulau lokal berkisar antara 30 – 90 USD per night, tergantung dari lokasi ( dekat jauhnya dari pantai) dan besarnya Guest House, bulan kedatangan dan promo yang ada.  Salah satu hotel dengan private beach adalah Arena Hotel. terletak persis di sebelahnya Bikini Beach, satu satunya pantai umum dimana turis boleh menggunakan bikini.

  • Biaya untuk Guest House per malam di Maafhusi  (normal price untuk bintang 3 ) :  60 USD
Private beach in Arena Hotel with some set up for candle light dinner.

5. Makanan  :

Makanan di Maldives di dominasi dengan hasil laut, harga rata rata untuk sekali makan adalah sekitar 8 – 12 USD per orang. Banyak backpacker yang men-skip makan siang untuk menghemat budget dengan makan pagi lebih banyak. Karena makan pagi biasanya sudah termasuk service dari guest house dengan type makanan yang mirip mirip dengan makanan Indonesia seperti mie dan nasi disamping roti rotian dan makanan pelengkap lainnya. Sehingga bisa makan sekenyangnya di pagi hari , ngemil ngemil di siang hari baru makan besar lagi di malamnya. Opsi lain adalah ikut tour  yang biasanya sudah include makan siang didalamnya. Atau kalau mau lebih irit lagi bisa bawa rice cooker dan perbekalan makanan dari Indonesia.

  • Biaya untuk makan malam per orang average  : 10 USD

6. Activity / kegiatan selama liburan di Maldives  :

Kegiatan yang bisa dilakukan di Maldives rata rata adalah yang berkaitan dengan air seperti island hopping , fishing , snorkeling , diving juga water sport. Hampir setiap guest house memiliki paket tour dan bukan hanya tamu hotel yang bisa ikut, selain itu kita juga bisa membandingkan harga antara satu tempat dengan tempat lainnya. Dari pengalaman , gap antara satu tempat dengan yang lainnya max adalah 5 USD untuk satu jenis tour.  Untuk paket half day tour dari Arena hotel /icom di hargai 25 USD terdiri dari snorkeling di 2-3 titik , makan siang di Sand bank dan melihat lumba lumba di perjalanan pulang.  Paket lain yang juga menarik adalah night fishing  , menangkap ikan di tengah laut dan diakhiri dengan makan malam ikan bakar. Paket ini dihargai 25 – 30 USD per orangnya. Kalau tidak mau ikut paket tour , bisa duduk duduk di tepi pantai sambil minum kelapa muda seharga 3 USD  🙂 . Malam hari bisa barbeque dinner all you can eat di salah satu restoran pinggir pantai rate nya sekitar 12 – 15 USD per orang. Selain tour yang berkaitan dengan air ada juga resort day tour dengan harga sekitar 100 USD – 120 USD termasuk transfer per orangnya. Jadi kalau mau merasakan suasana resort tapi tidak mau mengeluarkan biaya premium untuk menginap  dan ongkos private transfer yang mahal dari Airport bisa ikut resort day tour dengan biaya yang lebih murah

Hasil tangkapan ikan dari Night fishing tour

in summary budget untuk liburan 4 hari 3 malam di Maldives untuk 2 orang dengan asumsi ikut 2 jenis tour :

  • Pesawat                            : 600 USD
  • Penginapan 3malam   : 180 USD
  • Transfer ke Maafhusi    :    12 USD ( ferry )  100 USD ( speed boat)
  • Makan malam 2x           :     40 USD  ( yang satu malam dapat makan dari night fishing)
  • Cemilan + minum         :      10 USD
  • Tour 2 x                             :    100 USD (night fishing tour dan Half day tour.

Total                                         :  942 USD (dengan ferry ) or 1030 USD (dengan speed boat)

atau kalau dirupiah kan :  +/- 12.5 juta ( transfer  dengan ferry ) atau 13.7  juta (  transfer dengan speed boat). Dari list bisa dilihat bahwa pengeluaran terbesar berasal dari Tiket pesawat. Jadi kalau mau lebih menekan biaya, sering seringlah melihat promo tiket murah dari airlines. Happy hunting and enjoy Maldives !!

Last day in Maldives before going back home