Museum Kata Andre Hirata Belitung

Museum Kata Andre Hirata terletak di Belitung timur. Sekitar 1 jam dari Tanjung Pandan. Untuk masuk ke museum ini kita harus membayar tiket masuk sebesar 50 ribu. Cukup mahal dibandingkan tiket masuk ke tempat wisata lainnya. Waktu kami datang ada satu bis karya wisata yang juga sedang berkunjung dan sedang berfoto foto di pintu luar Museum. Saya pikir ini museum sudah tutup, lah pintunya ditutup soalnya. Tapi masih ada mas mas di luar yang jaga , jadi saya tanya , apakah masih buka atau tidak. Terus masnya jawap , tiket masuknya 50 ribu bu. Ok tapi masih buka gak , kata saya. Iya masih buka tapi tiketnya 50 ribu. Ok mas, 2 dewasa dan 2 anak ya jawab saya. Selidik punya selidik ternyata peserta karya wisata yang satu bis ini pada keberatan bayar 50 ribu buat masuk ke Museum. Makanya pintunya ditutup dan si Masnya agak jutek hehe. Dengan tiket masuk 50 ribu perorang ( dewasa saja , anak anak gratis) kami mendapat satu buku saku Andre Hirata sebagai gimmick. Menurut pak Zul ( supir kami selama di Belitung) tiket masuk ke Museum ini memang terbilang mahal karena biaya renovasi museum ditanggung sendiri oleh Andre Hirata sehingga butuh income supaya balik modal..

Masuk ke dalam Museum , ternyata cuma kami pengunjungnya. Peserta satu bis tadi gak ada yang masuk ke dalam. Padahal menurut saya museumnya bagus sekali. Gedung utama memiliki interiornya ala ala vintage dengan warna warni cerah ala pelangi. Terdapat juga berbagai pajangan buku karya Andre Hirata. Ternyata banyak sekali karya Andre Hirata yang diterjemahkan ke Bahasa asing selain Bahasa Indonesia. Ikut bangga melihat karya Penulis Indonesia Go International!!

Nah di bagian belakang gedung utama ada warung kopi. Kalau capek kita bisa istirahat sambil minum kopi. Sayangnya sudah tutup waktu kami mau pesan kopi.

Selain gedung utama, juga ada pelataran untuk duduk duduk di bagian samping museum, mimbar puisi kebun di area kebun untuk alternative cari inspirasi di luar ruangan

serta replica bangunan SD laskar pelangi di bagian belakang museum.  Ruangannya cukup bersih untuk kami masuk dan foto foto di dalamnya. In Summary menurut saya tidak rugi mengeluarkan uang sebesar 50 ribu untuk tiket masuk!!